Selamat Datang Di website Desa Dabuk Rejo

Selamat Datang Di website
Desa Dabuk Rejo

Sejarah Desa

Desa Dabuk Rejo berdiri ketika negara Indonesia di atas kepemerintahan presiden Soeharto. Pada saat itu presiden Soeharto mengadakan program transmigrasi degan cara memindahkan sebagian penduduk pulau Jawa ke pulau-pulau besar yang ada di Indonesia antara lai seperti pulau Sumatera, pulau kalimantan, dan sulawesi. Sekitar tahun 70-an di Sumatera Selatan ini telah di buka lahan trans salah satunya desa Dabuk Rejo ini yang awalnya bernama Unit 5, pada saat itu di buka berbagai desa dari desa unit 1 hinga unit 7, dan salah satunya unit 5 yang lama kelamaan menjadi Dabuk Rejo.

Profil Desa

Dilihat dari potensi lahan maka Desa Dabuk Rejo memiliki SDA yang memadai bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik desa, tetapi memperoleh nilai ekonomi yanng signifikan dari komuditas yang disarankan untuk dibudidayakan.

Web site desa memiliki andil besar terhadap pelatihan dan pembentukan potensi masyarakat desa Dabuk Rejo, bahkan ibu-ibu rumah tangga terlatih untuk memiliki skill dalam membentuk usaha uecil baik pengolahan dan manajeman usaha sekala mikro.

Dengan kata lain desa Dabuk Rejo memiliki sebagian besar persyaratan untuk menjadi desa yang maju jika dilihat dari deskripsi hasil laporan kelompok Binaan Warga Universitas Bina Darma.

FISI DAN MISI DESA

1.  Visi
“MEWUJUDKAN DESADABUK REJO,MAJU DAN BERILMU  BERLANDASKAN MASYARAKAT YANG AGAMIS DAN PARTISIPATIF ”
Penjabaran makna dari Visi Pemerintah Desa Dabuk Rejo, adalah sebagai berikut.

INDAH : Mengandung makna suatu kondisi desa yang enak di pandang mata.

MAJU : Mengandung makna terwujudnya desa Dabuk Rejo yang lebih baik dari waktu   ke waktu baik adanya peningkatan kualitas SDM, ekonomi masyarakat yang semakin stabil dan sebagainya.

BERILMU : Mengandung makna terwujudnya masyarakat  Desa Dabuk Rejo yang berpendidikan.


2. Misi
Meningkatkan dan menata pembangunan Infrastruktur yang Proporsional. berkualitas dan berkelanjutan sehingga akan terwujud Desa Dabuk Rejo bernuansa kota.
Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dan Perekonomian desa dalam upaya menciptakan desa yang sejahtera.
Memasyarakatkan Program Pendidikan baik Formal maupun Non Formal serta meningkatkan pelayanan kesehatan.
Meningkatkan kualitas, profesional dan rasa tanggung jawab Aparatur Pemerintah desa serta menjalin kemitraan yang harmonis dengan Lembaga dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
Mengembangkan kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa. Mengembangkan pemberdayaan masyarakat.

 

Fasilitas Desa

Fasilitas umum di desa Dabuk Rejo selain memiliki fasilitas yang umumnya tersedia di desa lain, selain itu juga memiliki fasilitas lain yang cukup efektif fungsinya yakni lapak karet.

Lapak karet merupakan akronim dari warung desa, lapak karet berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil-hasil desa seperti hasil dari perkebunan karet yang sudah siap di jual ke pabrik, sebelum kita jual hasil kebun karet tersebut ke pabrik kita bisa jual dulu atau simpan di lapak karet.

Fasilitas desa juga cukup memadai dimana di dalam kantor Desa memiliki satu set komputer, internet modem (walupun belum sepenuhnya berfungsi) dan peralatan-peralatan pendukung lainnya.

Fasilitas Keagamaan, sekolah, posyandu, petugas keamanan,rumah makan, minimarket, klinik, gedung olahraga juga tersedia hanya saja masih multifungsi, seperti lapangan voli, lapangan sepak bola yang menjadi arena, acara hiburan rakyat.

Desa Penerima Program Pamsimas 2009

Program pengelolaan limbah domestik  yang sudah dan sedang dilaksanakan di Kabupaten Ogan Komering Ilir dilakukan melalui program  DAK Sanitasi (Sanimas),   Pamsimas dan kegiatan lain yang di danai melalui APBD Kabupaten. Desa/kelurahan yang mendapatkan program Sanimas dan Pamsimas di Kabupaten Ogan Komering Ilir  dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2012, adalah berikut : 

  1. Program Sanitasi Berbasis Masyarakat Sanimas (DAK Sanitasi) untuk  tahun  2009 dilaksanakan di 1 kelurahan di ibukota kabupaten yakni Kelurahan Mangunjaya (Kec.Kota Kayuagung). Tahun  2010 di 3 kelurahan yakni Kelurahan Kayuagung Asli, Jua-Jua dan Kelurahan Paku (Kec. Kota Kayuagung). Tahun 2011 di 3 desa yakni Desa Benawa (Kec. Tanjung Lubuk), Desa Anyar  dan Desa Kijang (Kec. Kayuagung). Tahun 2012 (MCK Plus-Plus) di 7 desa yakni Desa Srigeni (Kec. Kayuagung), Desa Pantai, Desa Bungin Tinggi (Kec. SP. Padang), Desa Sukaraja, dan Desa Sukarami (Pedamaran).
  2. Program Pamsimas di Kaupaten Ogan Komering Ilir  dilaksanakan pada tahun   2008  di 3 desa yakni Desa Kampung Baru (Kecamatan Mesuji Makmur), Desa Balian Makmur, Desa Dabuk Makmur ( Kecamatan Mesuji Raya).  Tahun  2009 di 21 desa yakni Desa Dabuk Rejo, Bumi Arjo dan Desa Tulung Harapan (Kec. Lempuing); Desa Lubuk Seberuk I, dan Desa Lempuing Indah (Kec. Lempuing Jaya); Desa Pematang Bina Tani, Gading Sari dan Desa Cahaya Mas (Kec. Mesuji Makmur); Desa Sumber Baru, Rotan Mulya dan Desa Sedyo Mulyo (Kec. Mesuji Raya); Desa Cinta Marga dan Desa Kuripan (Kec.Teluk Gelam); Desa Suka Pulih (Kec. Pedamaran); Desa Ulak Tembaga, Muara Batun, Sukadarma dan Desa Karang Agung (Kec. Jejawi); Desa Sapto Harjo/Rengas Abang, Jadi Mulya dan Desa Mukti Karya (Kec. Air Sugihan). Tahun 2010 di 12 desa yakni Desa Sumber Agung, Desa Tebing Suluh (Kec. Lempuing); Desa Lubuk Makmur (Kec. Lempuing Jaya); Desa Catur Tunggal, Suryakarta dan Desa Cahaya Mulya (Kec. Mesuji Makmur); Desa Kota Baru, Desa Sukamukti (Kec. Mesuji); Desa Kota Bumi (Kec. Tanjung Lubuk); Desa Tanjung Ali, Desa Terusan Jawa (Kec. Jejawi); Desa Jerambah Rengas/replikasi (Kec. Tulung Selapan). Tahun 2011 di 13 desa  yakni Desa Cahaya Maju, Cahaya Tani, Kepayang, Tugu Jaya, Tugu Agung dan Desa Sindang Sari (Kec. Lempuing); Desa Tanjung Sari II, Desa Muara Burnai II (Kec. Lempuing Jaya); Desa Pematang Sari/replikasi; Desa Pematang Jaya/replikasi (Kec. Mesuji Makmur); Desa Kerta Mukti (Kec. Mesuji Raya); Desa Tanjung Batu, Desa Tulung Seluang (Kec. Tulung Selapan). Tahun 2012 di 14 desa yakni Desa Mesuji Jaya, Karya Usaha, Pematang Suka Tani, Mukti Karya, Tegal Sari, Sumber Mulya/replikasi dan Desa Pematang Suka Ramah/replikasi (Kec. Mesuji Makmur); Desa Cinta Jaya (Kec. Pedamaran); Desa Gading Raja, Panca Warna, Tanjung Makmur dan Desa Maribaya (Kec. Pedamaran Timur); Desa Bumi Makmur, Desa Mulya Jaya (Kec. Mesuji Raya).

Dalam desa yang sehat terdapat penduduk yang kuat. .

 

MENU


Desa dabuk rejo

  • Desa Penerima Program Pamsimas 2009.
  • Desa strategis yang dilintasi jalur lintas utama sumatera selatan.
  • Desa Dabuk Rejo merupakan salah satu penghasil karet terbesar di wilayah OKI.

Desa Dabuk Rejo

Kantor Kepala Desa
Dabuk Rejo

Kecamatan Lempuing
Kabupaten Ogan Komering Ilir
Jalan Lintas Timur KM.157