PEMERINTAH KABUPATEN BANYUASIN
KECAMATAN BANYUASIN I
DESA CINTA MANIS LAMA

Jalan Sabar Jaya Desa Cintamanis Lama Kec .Banyuasin I Kab.Banyuasin
OFFICIAL WEBSITE DESA CINTA MANIS LAMA

 
 

PROFIL DESA

 

Sejarah Desa Cinta Manis Lama


M
enurut cerita orang tua zaman dahulu, ada seseorang yang gagah perkasa yang diberi nama Buyut Tuan yang mempunyai seorang anak gadis yang cantik jelita yang menjadi rebutan pria pada zaman itu. Suatu ketika gadis itu mandi di sungai tiba-tiba cincin yang dipakainya melorot dan terlepas dari jari manisnya dan terjatuh kedalam sungai. Cincin yang jatuh tersebut jika dilihat dari permukaan air tampak keilihatan,namun apabila diambil cincin tersebut sirnah.
Oleh Buyut Tuan, hal ini disayambarakan. Barang siapa yang bisa mengambil atau mendapatkan cincin tersebut akan di nikahkan dengan putrinya yang cantik jelita. Mendengar kabar itu semua pria yang ada di daerah ini berlomba-lomba untuk mencarinya, karna mereka tertarik dengan hadiah yang telah di janjikan oleh Buyut Tuan. Tetapi tidak ada satu priapun yang bisa mengambil cincin dari dalam sungai tersebut. Tiba-tiba ada seorang pria datang dari tanah Jawa melihat perlombaan sayembara tersebut pria ini tertarik dan ikut serta dalam perlombaan sayembara tersebut.
Tidak lama kemudian pria ini menjulurkan jari manisnya kedalam sungai tiba-tiba cincin tersebut mendekat dan masuk kedalam jari manis pria ini. Dengan berhasilnya pria tersebut mengambil cincin putrid yang jatuh disungai, maka sesuai dengan isi sayembara putri tersebut akan dinikahkan dengan  pria pendatang yang telah berhasil mendapatkan cincin putrid kembali. Tibalah saatnya Buyut Tuan memerintahkan anak buahnya untuk mempersiapkan hari pernikahan.
Konon menurut cerita putrid tersebut jatuh sakit dan meninggal, dan tidaklamapun pria asal jawa tersebut jatuh sakit dan meninggal. Mereka berdua dimakamkan berdampingan di pemakaman sekarang di sungai Cintamanis simpang kanan. Olehkarna dasarnya percintaan dan cincin tersebut dijari manis. Oleh Buyut Tuan diberilah nama CINTAMANIS dan pada zaman tahun 1970 masuklah transmigrasi di daerah KmXI dengan menggunakan nama Cintamnis Baru, maka untuk tidak keliru ditabah menjadi Cintamanis Lama.

 
 


GALERY PHOTO



galery photo desa cinta manis
read more >>


Photo pembuat dan SEKDES