< Home Page
 
PEMERINTAH KABUPATEN BANYUASIN
KECAMATAN BANYUASIN I
DESA CINTA MANIS LAMA

Jalan Sabar Jaya Desa Cintamanis Lama Kec .Banyuasin I Kab.Banyuasin
OFFICIAL WEBSITE DESA CINTA MANIS LAMA

 
 

SDM DAN BUDAYA DESA CINTA MANIS LAMA

Potensi dan Peluang Agrobisnis Perkebunan di Desa Cinta Manis Lama yaitu


1.      Perkebunan Karet
Luas Lahan kebun karet yang terdapat di Desa Cinta Manis Lama seluas 41 ha yang terdiri dari 26 kebun rakyat dan 15 ha kebun milik perusahaan swasta. Total produksi slab 516 ton per tahun dan dalam jangka waktu 5 tahun kedepan Desa cinta manis lama menargetkan perluasan wilayah kebun karet sebesar 60 ha dengan produksi Slab 1.364 ton per tahun. dengan potensi dan luas lahan kebun karet yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. maka peluang investasi sektor perkebunan karet utamanya untuk industri hilir sangat besar.
2.      Perkebunan Kelapa Sawit
Kabupaten Musi Banyuasin memiliki luas kebun kelapa sawit 34 ha dan dengan produksi laba 760 ton pertahun. Dengan potensi yang ada.
3.      Perikanan
Desa Cinta Manis Lama dengan luas wilayah 2.464ha mempunyai potensi sumber daya alam yang besar berupa Daerah Aliran Sungai (DAS), waduk, rawa lebak serta lahan dataran rendah termasuk kawasan pesisir yang luas untuk menunjang kegiatan perikanan baik penangkapan maupun budidaya ikan. apalagi melihat potensi strategis daerah ini yang setidaknya dialiri oleh 7 (tujuh) sungai besar (Musi, Batang Hari Leko, Dawas, Tungkal, Lalan, Merang, dan Bayat) dengan panjang diperkirakan 532,6 km dan 1.057 anak sungai.
4.      Bidang Pertanian dan Perternakan
Dukungan dengan adanya ketersediaan lahan di Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki lahan pasang surut seluas 495 ha, lahan kering 152,5ha dan Sawah Tadah Hujan seluas 150ha, maka untuk sektor pertanian daerah ini sangat berpotensi untuk pengembangan komoditas Jagung dan Beras.

Kerajinan  Tangan

Anyaman dari Enceng Gondok dan Rotan

Bagi banyak orang tanaman enceng gondok dikenal sebagai sejenis tanaman air yang sepintas hanya tampak mengotori kolam atau danau. Tapi sesungguhnya dari tanaman ini bisa dihasilkan aneka bentuk barang kerajinan yang sedap dipandang dan berdaya guna seperti meja, kursi hingga tas dan vas bunga. Harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah.
Desa Cinta manis lama, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang menekuni usaha kerajinan enceng gondok. mengolah tanaman yang tumbuh di air tersebut menjadi aneka bentuk barang mulai dari 1 set kursi dan meja hingga tas, keranjang serta vas bunga.


Proses pembuatan barang kerajinan ini diawali dengan menjemur batang - batang enceng gondok yang telah dibuang daunnya dibawah terik matahari. Setelah kering batang enceng gondok diulir satu persatu lalu dikepang hingga panjangnya mencapai 2 meter. Dari kepangan batang kering inilah berbagai produk kerajinan dengan aneka bentuk dibuat.
Mereka juga memadukan batang enceng gondok dengan rotan untuk memperindah karyanya. Dalam pembuatan 1 set kursi misalnya, dibutuhkan sedikitnya 30 kilogram enceng gondok dan 20 kilogram rotan. Aneka produk kerajinan enceng gondok ini dijual dengan harga bervariasi mulai dari 20 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Hasil kerajinan ini sudah mereka kirim kepulau Jawa dan Sumatra.

Pernikahan

Adat dan pernikahan di daerah Desa Cinta manis lama budaya yang mereka anut masih menganut budaya sumatra selatan yang lama seperti acara pernikahan, mereka masih menggunakan music tradisonal yaitu orgen tunggal siang malam untuk menghibur warga sekaligus kedua mempelai, dan pada malamnya masih dilaksanakan pesta seperti lelang minuman dan uang untuk membantu acara pernikahan tersebut sehingga kegotong royong dan adat kekeluargaan desa ini sangat kental dengan kebersamaan , selintas sama saja dengan desa-desa lain tetapi desa ini sangat menjunjung seni tradisonal seperti rabana yang dihadirkan pada saat akan acara-acar tertentu baik formal maupun nonformal.

 

 
 


GALERY PHOTO



galery photo desa cinta manis
read more >


Photo pembuat