Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Teluk Kijing 3

 

Desa Teluk Kijing III mempunyai Lembaga Pemerintahan seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang beranggotakan sebanyak 11 orang yang diambil dari perwakilan tiap Dusun yang ada di Desa Teluk Kijing III, dalam menjalankan tugas dan Fungsinya sebagai Badan Permusyawaratan selalu diikut sertakan dalam hal mengambil keputusan dan kebijakan. Lembaga ini merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan.

 

Lembaga BPD ini mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut  :

       

      1. Membahas rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa
      2. Melaksanakan pengawasan terhadap Pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa
      3. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa
      4. Membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa
      5. Menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.
      6. Membahas APB Desa dan Kebijakan lainnya serta
      7. Menyusun tata tertib BPD.

       

      Dalam melaksanakan wewenang, tugas, dan kewajibannya anggota  BPD wajib mentaati kode etik. Kode etik tersebut meliputi :

       

      "Kode etik meliputi norma-norma atau aturan-aturan yang merupakan kesatuan landasan etik atau filosofis dengan peraturan sikap, perilaku, ucapan, tata kerja, tata hubungan antar lembaga Pemerintahan Desa, antar anggota, serta anggota BPD dengan pihak lain mengenai hal-hal yang diwajibkan atau patut dilakukan, dan dilarang."

       

      Kode etik bertujuan untuk menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas anggota BPD serta membantu anggota BPD dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya serta tanggung jawabnya kepada masyarakat