Perkebunan di Desa Teluk Kijing 3

 

Lahan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Teluk Kijing III berdasarkan komoditas nya adalah berupa Tanaman Pangan seperti padi, jagung Kacang-Kacangan, sayur-sayuran serta tanaman buah-buahan seperti Durian, duku, manggis dan mangga.


Sebagian lagi lahan tersebut dimanfaatkan sebagai lahan untuk perkebunan seperti menanam Karet, Sawit dan kelapa. serta lahan tersebut juga dimanfaatkan untuk peternakan seperti berternak ayam, bebek, burung, sapi dan domba serta kambing.


Berikut ini adalah table yang menunjukkan luas lahan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai komoditas :


Tabel 3.3         Data Luas Lahan yang dimanpaatkan masyarakat

 

No.

Kategori

Luas (Ha)

1.

Tanaman Pangan

    21,4

2.

Buah-buahan

       0,7

3.

Perkebunan

730

 

Dalam hal ini luas lahan komoditi pokok yang dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Teluk Kijing III sudah sangat sempit dan rata-rata masyarakat sudah memiliki lahan yang telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

seperti :

 

1. Karet

 

Kegiatan berkebun dan bercocok tanam sudah menjadi tradisi masyarakat yang tinggal di pedesaan, selain menjadi pekerjaan rutin juga menjadi sumber utamauntuk memenuhi ekonomi keluarga.

 

 

Seperti halnya perkebunan karet yang dilakukan masyarakat di desa Teluk Kijing 3 kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin hasil perkebunan karet termasuk sumber andalan ekonomi keluarga mereka. Selain perkebunan karet masyarakat setempat di desa Teluk Kijing 3 juga terdapat perkebunan karet dan swait milik perusahaan PTPN 7.

 

2. Sawit

 

Tanaman sawit merupakan sumber bahan utama untuk membuat minyak CPO, Tanaman sawit di desa Teluk Kijing 3 kebanyakan sawit milik perusaaan.